[Panduan Lengkap] Tutorial Cara Install Windows 10 Beserta Gambar

Cara Install Windows 10 – Yup, pada tutorial ini kami akan memberitahukan bagaimana caranya menginstall windows 10 di laptop ataupun di komputer. Bagi kamu yang masih belum benar-benar bisa, silahkan ikuti tutorial ini sampai tuntas. Dan bagi kamu yang baru pertama kali menginstall laptop/komputer, jangan lewatkan satu langkah dari tutorial ini.

Bicara mengenai windows 10, ini merupakan sistem operasi paling baru dari Microsoft (saat artikel ini ditulis). Microsoft sendiri mengatakan tidak akan merilis OS baru lagi, namun akan terus memberikan update fitur terhadap windows 10 ini. Jadi, kemungkinan besar Windows 10 ini akan menjadi sistem operasi terakhir mereka untuk komputer desktop.

Windows 10 sendiri memiliki spesifikasi minimum yang harus dipenuhi agar dapat dijalankan pada komputer kamu. Bagi yang belum tau system minimum requirements dari windows 10, silahkan klik link beikut:

Pastikan komputer atau laptop kamu sudah memenuhi syarat hardware yang diperlukan ya! Agar performanya tidak mengecewakan. Jika hardware kamu sudah sesuai, pastikan juga beberapa persiapan yang mesti kamu lakukan seperti yang di bawah ini:
Backup data-data penting yang ada

  • Apabila yang akan di install windows adalah laptop, siapkan charger untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Pastikan hardware yang digunakan dalam keadaan baik.
  • Mempersiapkan Installer Windows 7 (baik berupa DVD ataupun Flashdisk).

Untuk pembuatan installer, kamu bisa ikuti beberapa tutorial yang pernah kami buat sebelumnya:

Langkah-Langkah Cara Install Windows 10

Pertama masukan media installer windows 10 yang kamu gunakan (flashdisk atau DVD).

Setelah itu nyalakan komputer, lalu masuk dulu ke BIOS untuk mengatur First Booting. Caranya ketika komputer baru menyala, tekan tombol F2 atau beberapa komputer ada yang menggunakan tombol DEL untuk masuk ke BIOS. Sesuaikan saja. Setelah disetting first boot nya, tekan F10, save and restart.

Komputer akan booting melalui media installer windows 10, dan jika muncul perintah Press any key too boot from CD or DVD, tekan saja sembarang tombol. Nanti proses akan segera dilanjutkan.

Pilih Language to installTime and currency format, dan Keyboard or input method. Jika sudah klik next.

Lalu klik Install now.

Setup is starting, tunggu saja sampai proses berlanjut.

Selanjutnya masukan serial number yang kalian miliki. Jika kalian tidak mempunyainya, klik skip saja.

Pada bagian ini, kami memilih Windows 10 Pro. Dan kebetulan hanya tersedia yang versi 32 bit (x86). Sesuaikan dengan pilihan kalian masing-masing ya! Jika sudah klik Next.

Kemudian beri centang pada opsi I accept the license terms. Lalu klik Next.

Pada bagian ini terdapat dua pilihan, yaitu upgrade dan custom. Karena kita akan menginstall ulang komputer/laptop kita, maka saya pilih custom.

Lalu kita akan berlanjut pada bagian pembagian partisi. Penting! Disini saya harap kamu berhati-hati betul, khususnya untuk yang masih pertama kali. Karena jika salah, bisa-bisa data kamu bakalan hilang.

Pada contoh ini, hardisk yang saya gunakan masih kosong. Berarti tidak saya bebas membagi-bagi spacenya. Saya menyarankan untuk membaginya minimal dua partisi, yang pertama untuk drive C;/, biasanya untuk system. Yang kedua drive D:/, bisa kalian gunakan untuk menyimpan data-data pribadi.

Jika sudah kamu atur partisinya, pilih partisi yang akan kamu jadikan lokasi untuk sistem windows nya. Dalam hal ini saya pilih, Drive0 Partition2. Kemudian klik Next.

Jika pada komputer kamu sebelumnya sudah ada sistem operasi, kamu hanya perlu mem-format partisi tempat dimana sistem diinstall sebelumnya.

Selanjutnya adalah serangkaian proses pengalokasian file-file windows dari media installer ke hardisk. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Nanti komputer akan minta me-restart sendiri. Klik saja Restart now.

Jika komputer sudah restart, kamu bisa keluarkan media installer dari komputer. Lalu tunggu semua prosesnya sampai benar-benar selesai. Dalam proses ini, komputer mungkin akan beberapa kali restart. Biarkan saja, komputer sedang menyesuaikan sistem dengan hardware yang ada.

Kemudian, masukkan serial number jika diminta. Jika belum punya, klik saja Do this later.

Pilih I own it. Kemudian klik Next.

Buat akun untuk komputer kamu. Masukkan username, password, dan HINT (untuk pengingat jika lupa password). Jika sudah klik Next.

Tunggu prosesnya sebentar. Tidak lama kemudian kamu akan masuk ke desktop windows 10.

Yang menandakan kamu telah berhasil menginstall windows 10 di komputer atau laptop kamu. Bagaimana, mudah banget bukan menginstall windows 10? Jika menemui kesulitan, jangan ragu untuk menanyakannya di komentar.

Video

Rangkuman

Windows 10 adalah nama dari versi terbaru dari sistem operasi “Microsoft Windows”, serangkaian perangkat lunak yang diproduksi dan dikembangkan oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, laptop, termasuk rumahan dan bisnis. Antarmuka penggunanya dirancang terutama untuk mengoptimalkan pengalaman berdasarkan jenis perangkat, memberikan pengalaman yang tepat pada perangkat yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Windows 10 membuat pengalaman pengguna dan fungsionalitasnya lebih konsisten di antara berbagai kelas perangkat, dan mengatasi sebagian besar kekurangan di antarmuka pengguna. Berguna bagi pemula, berisi banyak fitur yang tersedia di Versi “Windows 10 Home” dan “Windows 10 Pro”. Edisi Pro memiliki kemampuan tambahan yang diorientasikan pada profesional dan lingkungan bisnis, seperti “Active Directory”, “Remote Desktop”, “BitLocker”, “Hyper-V”, dan “Windows Defender Device Guard”. Namun instalasinya hampir sama saja di setiap edisi termasuk versi 32-bit dan 64-bit.

Catatan Penting

Tipe Processor (CPU) 64-bit dapat digunakan untuk instalasi versi windows 10 32-bit dan 64-bit, sedangkan tipe Processor 32-bit hanya dapat digunakan untuk versi windows 32-bit saja, dan tidak bisa di install windows versi 64-bit. Ketahui selengkapnya disini Cara mengetahui tipe processor 32-bit atau 64-bit.

Harap diperhatikan setiap selesai instalasi, bagusnya cek juga “driver windows” seperti “Graphics driver”, “Audio driver”, “Network driver”, atau yang berhubungan sesuai merknya. “Driver Windows” sangat PENTING untuk menjaga performa PC agar maksimal, berpengaruh sama kerjanya aplikasi. Biasanya Driver ada di CD/DVD terpisah dikasih waktu membeli Laptop atau Komputer, kalo ga punya harus “download” dari internet. Tapi Pada sebagian besar Merk Modern, biasanya ini ga perlu juga, soalnya sudah terintegrasi sama sistem.

Referensi

Windows 10 clean install install Windows 10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: